RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Kebersamaan dalam Keberagaman (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
-
Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman
-
Menceritakan pengalaman bermain dengan teman yang berbeda-beda
Matematika
3.11 Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
4.4
Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu
-
Menemukan perbedaan antar bangun segi
banyak berdasarkan ciri-cirinya
-
Membedakan rangkaian bangun yang
merupakan pengubinan dan bukan pengubinan
-
Merancang pengubinan menggunakan
bangun segi banyak
PJOK
3.9 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional
-
Mempraktikkan permainan tradisional engklek
C. TUJUAN
§
Setelah mengamati gambar, membaca teks,
dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna
bersatu dalam keberagaman dengan rinci.
§
Dengan diskusi, siswa mampu menceritakan
pengalaman bermain dengan teman yang
§
berbeda-beda dengan bahasa yang runtut.
§
Setelah bereksplorasi dengan gambar, siswa
mampu membedakan antarbangun segi banyak berdasarkan ciri-cirinya dengan benar.
§
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi,
siswa mampu membedakan pengubinan dan
bukan pengubinan dengan benar.
§
Setelah mengamati contoh, siswa mampu
merancang pengubinan dengan teknik yang benar.
§
Setelah membaca teks, diskusi, dan
simulasi, siswa mampu mempraktikkan permainan
§
tradisional engklek dengan
kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, dan lompat dengan teknik dan aturan
yang benar.
D. MATERI
Pensil
warna/krayon.
Teks bacaan tentang makna Kebersamaan dalam
Keberagaman dengan menyampaikan bahwa meskipun kita berasal dari suku dan
budaya yang berbeda, namun hal tersebut tidak menghalangi kita untuk bermain,
bekerja sama, dan belajar.
Pengalaman
Bermain.
Bentuk Geometri.
Pengubinan.
Permainan
Engklek.
Model engklek Kreasi
Siswa.
Informasi tentang Fahombo
Batu.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian
1-9. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu
yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diminta mengamati gambar dan
membaca teks pada buku siswa dan menjawab pertanyaan.
§ Ketika siswa menjawab pertanyaan,
guru berkeliling untuk memberikan motivasi, membantu siswa yang membutuhkan,
atau memberikan pertanyaan tambahan untuk menggali pemahaman siswa lebih
jauh, yaitu dengan menanyakan pertanyaan berkesinambungan dari pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa.
§ Siswa diberi kesempatan untuk
berbagi jawaban secara berpasangan.
§
Guru memberi penguatan tentang makna Kebersamaan dalam Keberagaman dengan
menyampaikan bahwa meskipun kita berasal dari suku dan budaya yang berbeda,
namun hal tersebut tidak menghalangi kita untuk bermain, bekerja sama, dan
belajar.
Pengalaman Bermain
§ Siswa menceritakan pengalaman
mereka ketika bermain bersama teman dan menuliskannya pada buku siswa.
§ Guru memberi penekanan tentang
cara bersikap ketika berinteraksi dan bermain dengan orang yang berbeda-beda.
Kemudian guru membahas beberapa tulisan siswa yang bisa dijadikan sebagai
bahan diskusi.
Bentuk Geometri
§ Siswa mengamati bentuk geometri
yang terdapat pada buku siswa dan mengerjakan tugas pada buku siswa.
§ Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas 4 siswa. Disarankan setiap kelompok berisikan
siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.
§ Guru melakukan observasi dan
mencatat hasilnya di lembar pengamatan.
Pengubinan
§ Sebelum memberikan kegiatan selanjutnya, yaitu tentang pengubinan, guru harus memahami
terlebih dahulu konsepnya dengan membaca bahan bacaan.
§ Setiap kelompok dibagikan satu set
bentuk (terdiri atas 10 bentuk yang sama): persegi, segitiga sama sisi, segi
lima, segi enam dan memberi kesempatan kepada mereka untuk membuat bentuk
baru.
§ Secara klasikal, guru membahas
bentuk-bentuk yang dihasilkan kelompok dan bertanya bentuk mana yang saling
menumpuk, memiliki celah atau sebaliknya.
§ Siswa diberi kesempatan untuk
berdiskusi dan menebak nama bentuk baru yang dihasilkan. (Penilaian no. 1)
§ Guru memberi penguatan tentang
pengubinan.
§ Siswa mengamati gambar yang
terdapat pada buku siswa dan mengerjakan tugas sesuai instruksi.
§ Ketika siswa mengerjakan tugas,
guru berkeliling dan membuat catatan tentang siswa. Bagi siswa yang sudah
memahami konsep dengan baik, guru bisa memotivasi
§ siswa untuk membuat pekerjaan
pengubinan yang lebih kompleks. Namun, bagi siswa yang belum terampil dapat
dikelompokkan di satu meja untuk diberikan
penguatan.
§ (Penilaian no. 2)
Permainan Engklek
§ Siswa mengamati gambar yang
terdapat pada buku siswa dan melaksanakan tugas sesuai instruksi.
§ Sebelum kegiatan dimulai, guru
menyiapkan 4 bentuk geometri (pengubinan dan bukan pengubinan) untuk
permainan engklek di halaman sekolah. (Penilaian no. 3)
§ Siswa menceritakan pengalamannya
bermain engklek kepada seorang teman dengan menjawab pertanyaan pada buku
siswa.
Model engklek Kreasi Siswa
Kegiatan berikutnya dilakukan agar siswa dapat mengembangkan kreativitas dan mengaplikasikan pemahaman mereka tentang pengubinan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Siswa merancang model engklek
hasil karya mereka sendiri sesuai dengan yang tertera pada buku siswa.
§ Guru memandu diskusi dan membuat
catatan saat mereka beraktivitas. (Penilaian no. 1)
§ Siswa diberi kesempatan untuk saling mencoba model permainan engklek kreasi mereka saat istirahat.
§ Siswa menggali lebih lanjut informasi tentang Fahombo
Batu dari orang di sekitar mereka.
§
Siswa menulis perenungan pada buku siswa.
|
150 menit
|
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran
hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang
mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka. Siswa
diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam
keberagaman berbangsa. Tugas:
Bersama orang tua, siswa diminta untuk menggambar pengubinan yang ditemukan
di rumah atau
sekitarnya. Produk siswa harus dikumpulkan untuk dipajang.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa membuat pengubinan dengan
menggunakan bentuk geometri yang berbeda di kertas berpetak (1 cm).
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada
siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami pengubinan. Kegiatan ini dapat
dilakukan secara kelompok atau secara individu. Guru menyiapkan bentuk-bentuk
geometri dari kertas dan menyiapkan kertas berpetak untuk latihan.
|
15
enit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan
keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi
Revisi)).
·
Buku Pengembangan Diri
Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi
Hidup:
·
Video/slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
H. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1.
Penilaian Kinerja.
2.
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui ............................,.............20
Kepala MIN
Karangjati Guru
Kelas 4
Siti
Marwiyah,S.Ag,M.Pd.I Rohmawati
NIP.197303221994032001 NIP.197809201998032001
0 komentar:
Posting Komentar